Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Minggu, 13 Januari 2019

Rahasia Supaya Aki Motor Awet Hingga 8 Tahun


Hal yang di tunggu ini ya teman-teman, kali ini admin Dokter Mekanik telah mengupdeat artikel yang berjudul Rahasia Supaya Aki Motor Awet. Mau tau pembahasan lebih lanjut mengenai Rahasia supaya Aki motor awet? Nah simak ulasan kali ini dengan teliti supaya aki motor teman-teman menjadi awet.
Siapa sih yang tidak mau kalau aki motornya terjaga biar tidak cepat ganti, biar tidak terlalu  boros. Nah kaya admin aja nih tidak mau kalau uangnya cepet boros buat ganti ini ganti itu, nah gimana sih caranya agar aki motor kita awet? Simak penjelasan admin berikut ini. AKI adalah komponen yang ada pada sepedah motor atau pada mobil yang penting karena dengan aki tersebut mesin lain bisa berfungsi dengan baik..

Aki sangat berperan di sepedah motor anda berfungsi untuk menghidupkan kelistrikan. Pada sepedah  motor anda,selain itu aki bisa menghidupkan sepedah motor anda dengan dinamo stater untuk menghidupkan motor dengan mudah tanpa di engkol...
Rahasia Supaya Aki Motor Awet Hingga 8 Tahun 


Tipe aki ada dua tipe ,,aki basah atau aki kering ..Dan merk aki pun sekarang banyak dijual diluar sana..
Sebenarnya mau aki kering atau aki basah sebenarnya sama saja fungsinya ,tetapi sering kali kita sering mengalami aki motor kita suka ngedrop aki lemah ..nah gmana caranya supaya aki motor kita awet ,disini saya mau ngasih tips supaya aki motor anda bisa awet sampai 6 thn....
TIPS PERAWATAN AKI..
1.    Kalau pagi-pagi saat motor anda mau di Panasin jangan dilakukan pake tombol stater / dinaomo stater,usahakan pake engkol .....kenapa pake engkol?...karena pada kondisi pagi-pagi aki belum ada pengisian ,kalau kita sering mengunakan stater di pagi-pagi itu dapat merusak sel-sel aki .
2.    .Kalau motor anda berhenti selama 5 jam di         usahakan pake engkol juga..
3.    Usahakan jangan pake Assoris yang memakan arus dari aki motor anda....contohnya ( lampu HID, pasang lampu2 yang wattnya tinggi.) 
4.    Namun, aki basah rupanya memiliki keunggulannya sendiri. Meski harus lebih sering diperhatikan  dibandingkan aki kering, namun bila perawatannya benar maka aki basah dapat memiliki usia lebih panjang.
5.    Cara merawat aki basah pun sebenarnta tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan ketekunan untuk melakukannya secara rutin. Salah satunya adalah dengan menjaga kondisi air aki agar tetap terisi agar aki bekerja secara optimal.

“Pastikan satu bulan sekali air aki ditambahkan. Hanya ditambah saja, bukan dikuras. Kenapa harus setiap bulan? Karena aki basah itu penguapannya tinggi, sehingga setiap bulan harus ditambah air,” ungkapnya.
Bila air aki terlalu kering, maka akibatnya aki akan segera rusak. Namun, kerusakan tersebut biasanya baru terasa beberapa minggu setelah air aki habis.

Nah kalau motor anda sering di engkol maka aki pun akan awet selamanya .     

Dan hal yang paling efektif untuk keseluruhan bagian motor adalah dengan men servise motor teman-teman secara rutin atau berkala yang gunanya supaya motor menjadi tetap aman dan nyaman saat di gunakan dan supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
Bagaimana teman-teman sudah paham bukan tentang pembahasan kali ini, nah supaya bisa bermanfaat lagi dan menjadi informasi yang baik alangkah baiknya kita bagikan artikel ini supaya bisa meminimalisir teman atau kerabat kita saat berkendara. Terima kasih.




EmoticonEmoticon