Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Jumat, 15 Februari 2019

Cara Bongkar Mesin Motor Baru


Cara Bongkar Mesin Motor Baru

Bongkar Mesin Motor Baru


Sekarang dengan pembahasan yang beda dan lebih menarik dan lebih updeat admin akan menjelaskan tentang cara bongkar mesin motor baru dan hal yang harus temen-temen ketahui tentang mesin motor. Pengen tau bagaimana caranya? Simak ulasan dibawah ini:

Penting untuk membobol mesin sepeda motor baru dengan benar, atau Anda berisiko merusak kinerjanya atau merusaknya langsung. Inilah cara yang dapat anda lakukan agar aman.
Anda baru saja menerima pengiriman sepeda motor baru Anda. Anda telah melihat manual pemilik, mendengarkan teman-teman dan telah mendengar dan membaca banyak informasi yang membingungkan tentang cara yang tepat untuk membobol mesin sepeda motor baru. Inilah RideApart untuk melakukan apa yang harus Anda lakuka.

Bertahun-tahun yang lalu, pengecoran sepeda motor dan proses manufaktur berarti ada variasi yang lebih besar dalam komponen dan bagaimana mereka disatukan. Lewati ke depan ke teknologi tinggi, sistem yang dikendalikan komputer dan Anda akan menemukan sekarang ada keseragaman antara bagian-bagian dan tingkat presisi yang tinggi dalam cara mereka dirakit. Ini tidak menjamin hal-hal tidak akan salah, tetapi metode produksi modern berarti kegagalan mesin baru sekarang jarang terjadi.
Namun, itu tidak berarti Anda hanya harus mengendarai sepeda motor baru Anda dan mengendarainya sekeras dan secepat mungkin. Beberapa orang melakukan dan bersumpah bahwa itu membuat sepeda mereka lebih cepat dan sama sekali tidak memiliki kelemahan. Kami tidak merekomendasikan ini, karena semua komponen mesin memerlukan periode berjalan sebelum Anda mulai mengendarainya dengan keras.
Katup, lubang bor, dan cincin piston di mesin baru semuanya perlu waktu untuk dipakai sehingga mereka berpasangan dengan permukaan tempat mereka berinteraksi. Jika katup tidak terpasang dengan benar pada ruang pembakaran kepala silinder, mesin dapat kehilangan kompresi dan pembakaran yang tepat. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan blow-by gas buang, yang menyebabkan kehilangan daya, dan membahayakan keandalan dan umur mesin.
Lubang silinder mesin baru mungkin terlihat mulus, tetapi masih bisa agak kasar dari pemesinan di pabrik dan cincin piston memerlukan waktu untuk membuat seal yang baik. Ini diperlukan untuk menjaga gas pembakaran terpisah dari oli mesin. Jika lubang silinder tidak berjalan dengan benar, dinding dapat menjadi kaca yang pada gilirannya akan menyebabkan masalah pelumasan, yang menyebabkan panas berlebih, kehilangan kinerja, dan keausan dini ke silinder.
Dua Pilihan untuk Mendobrak Motor Baru Anda
Mesin Baru

Opsi Satu: Metode pertama adalah mengikuti rekomendasi pabrik yang ada di manual pemilik Anda. Secara umum sebagian besar pabrikan menyarankan bahwa untuk 500 mil pertama Anda tidak menggunakan throttle penuh dan menghindari kecepatan engine tinggi setiap saat.
Anda juga harus menghindari start dan stop yang agresif kecuali dalam keadaan darurat. Jangan over rev saat dingin dan jangan menyeret mesin. Selalu downshift sebelum mesin mulai berjuang.
Kami tidak merekomendasikan, seperti yang disarankan beberapa orang, mengendarai sepeda motor baru dengan kecepatan konstan untuk waktu yang lama. Kami pikir lebih baik menggunakan rentang rev, termasuk interval pendek revs tinggi. Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk mesin baru adalah terlalu berhati-hati dengan itu, tetapi Anda juga tidak boleh menjalankannya begitu keras sehingga memantul dari putaran limiter. Ada media senang di antara keduanya, yang akan bekerja paling baik untuk membobol mesin baru.
Opsi Dua: Metode kedua untuk dipertimbangkan adalah sedikit kurang kaku dari rekomendasi pabrikan. Jika Anda tinggal di dekat ngarai atau trek balap, mereka berdua adalah tempat yang baik untuk bekerja di mesin sepeda motor baru. Pertama, jangan pernah menyeret mesin sekitar pada putaran rendah dan jangan melaju di putaran yang sama untuk waktu yang lama. Anda harus berfluktuasi putaran dan kecepatan engine secara konsisten. Mungkin yang terbaik untuk mengabaikan mengendarai di jalan bebas hambatan untuk 500 mil pertama karena lebih sering daripada tidak Anda akan mengendarai dengan kecepatan dan rpm konstan untuk jangka waktu yang lama, yang tidak baik untuk mesin baru.
Untuk 500 mil pertama Anda harus tetap menggunakan oli mineral konvensional di mesin SAE 10W-40 adalah pilihan terbaik dan jika Anda tidak yakin oli apa yang ada di sepeda baru Anda ganti untuk ini dan ganti filter juga. Anda dapat mengganti oli sintetis pada ketinggian 1500 mil.
Selangkah demi selangkah:
Sebelum mengendarai sepeda baru Anda, pastikan Anda telah membaca manual pemilik untuk melihat apa yang secara spesifik direkomendasikan oleh pabrikan. Periksa level oli benar dan hidupkan mesin, tetapi biarkan mencapai suhu operasi yang tepat sebelum benar-benar naik dan naik.
Cobalah dan temukan jalan dengan lalu lintas ringan dan tempat di mana Anda dapat membuka sedikit sepeda, setidaknya di gigi bawah. Pastikan Anda memvariasikan kecepatan engine sesering mungkin dari kisaran menengah ke bawah hingga sekitar 20 mil. Pada dasarnya Anda ingin berada di 1/3 pertama hingga rentang pertengahan putaran Anda. Misalnya, dengan sepeda yang garis merah pada 15.000 rpm Anda harus berfluktuasi antara 4.500 hingga maksimum 7.500 rpm.
Setelah 10 mil, hentikan sepeda dan matikan mesin. Biarkan selama 20 menit dan kemudian mulai lagi. Kemudian lanjutkan dengan bagaimana Anda telah mengendarai yang sebelumnya memvariasikan kecepatan engine di kisaran rendah hingga menengah, tetapi kali ini naikkan rpm ke 8500rpm dan coba gunakan pengereman engine sebanyak mungkin.
Beberapa orang merekomendasikan mengganti oli pada sepeda motor baru setelah perjalanan 20 mil pertama. Kemudian lagi pada 50 mil dan 200 mil. Anda dapat memilih untuk melakukan itu. Tidak ada salahnya melakukannya tetapi memakan waktu dan mahal. Poin terpenting adalah mengganti oli dan filter sepeda motor baru pada jarak 500 mil.
Dengan proses yang sedang berjalan Anda harus mencoba dan mengikuti apa yang Anda lakukan pada perjalanan pertama tetapi meningkatkan jumlah mil yang Anda lakukan, masih berhenti untuk sementara waktu di antaranya dan setiap kali menambahkan 1000rpm ke rentang putaran dan yang lebih penting secara konsisten memvariasikan mesin kecepatan dan putaran di seluruh.
Pada 500 mil Anda harus mengganti oli dan menyaring ketika mesin masih hangat tetapi tidak memanggang panas. Periksa minyak untuk mengetahui adanya serpihan logam. Jangan khawatir jika ada beberapa serpihan logam karena ini sangat normal. Setelah Anda melewati tanda 500 mil, Anda dapat mulai keluar di jalan bebas hambatan, tetapi tetap mencampur perjalanan Anda dengan banyak jalan yang dikendarai juga.
Pada 1500 mil, ganti oli dan filter lagi. Anda dapat memilih untuk menggunakan oli sintetis berkualitas baik yang sesuai untuk mesin dan kondisi cuaca tempat tinggal Anda atau jika Anda lebih suka menggunakan oli mineral. Pada titik inilah mesin baru Anda dianggap rusak. Sekarang keluar saja dan naik sepeda itu.



EmoticonEmoticon