Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Rabu, 06 Maret 2019

Cara Menjaga dan Merawat Motor


Cara Menjaga dan Merawat Motor



Kali ini dengan pembahasan yang berbeda “Dokter Mekanik” telah membuat artikel dengan tema menjaga motor supaya motor Anda terjaga dan terawat.
Siapa yang tidak mau kalau motornya tetap awet atau tidak cepat rusak, semua orang memimpikan agar motornya selalu terjaga dan terawat dengan baik, dan agar motor tersebut tetap baik dan tentunya aman kita harus menjaganya dengan beberapa cara. Pengen tau caranya? Simak ulasan admin dibawah ini :
Hal yang pertama dilakukan oleh seseorang agar motornya tetap terjaga dan terawat, antara lain sebagai berikut :
1. Isi Angin dengan rutin
Sewaktu kuliah, admin beberapa kali telat memasuki kelas akibat ban yang sering bocor. Bisa dihitung dua kali dalam sebulan saya selalu mengalami kebanan. Dosen saya waktu itu langsung menceramahi pentingnya mengisi angin secara rutin untuk kesehatan ban sepeda motor.
Katanya, dalam seminggu, volume angin dalam ban akan terus berkurang sedikit demi sedikit. Sehingga mengakibatkan sedikit celah antara ban dalam dan ban luar. Karena ban luar lebih kasar ketimbang ban dalam maka ban dalam mudah terkikis, dan dor!
Selama sebulan setelah saya menerapkan mengisi angin ban secara rutin seminggu sekali saya sama sekali mengalami zero kebanan. Keapesan saya tidak berlanjut. Sebenarnya, dosen saya bilang rutin mengisi angin sekali dalam sepuluh sampai lima belas hari. Tapi, ya yang namanya parno.
Nah, bagi kalian yang menggunakan ban tubles, alangkah baiknya melakukan pengisian angin secara rutin. Jangan sampai lupa, karena kalau sudah kempes, anginnya bakalan keluar semua tanpa sisa. Malah lebih ribet.

2. Panasi motor setiap pagi
Mentang-mentang teknologi jaman sekarang sudah canggih terus kalian langsung geber motor tiap pagi begitu saja? Oh jangan begitu teman-teman.
Meskipun teknologi makin canggih, paling tidak tiap pagi kalian harus memanaskan motor untuk mencapai keadaan stasioner dan sirkulasi oli sudah merata dalam mesin. Yah, cukup satu menit saja, tak perlu lama-lama. Tak perlu digeber juga, bikin boros dan berisik.
3. Jangan Terlalu Membebani motor
Seringkali kalau anda membawa barang yang sangat berat otomatis motor sangat terbebani, nah saran admin untuk temen-temen nih, jangan terlalu membebani motor dengan barang berat, yang ada motor anda ini akan menjadi rusak.

kanpas kopling motor cepet aus wow.wow.. ... bisa jadi ini penyebabnya

4. Mengganti Oli dengan rutin
Mengganti oli sangatlah penting untuk menjaga jeroan motor kalian tetap ganas dan trengginas. Biasanya pihak dealer dan bengkel akan menyarankan kalian untuk mengganti oli tiap 2.000 km atau dua bulan sekali. Tergantung, yang mana dulu yang dicapai.
Untuk yang satu ini, jangan sekali-sekali sampai telat menggantinya. Bisa-bisa motor kalian turun mesin. Biayanya mahal dan tidak bisa selesai diperbaiki secara cepat. Paling tidak motor kalian harus menginap dua hari di bengkel.
Milih mana? Rp50 ribu tiap dua bulan atau Rp500 ribu tiap enam bulan?
Untuk menghindari kelupaan macam ini, kalian bisa buat reminder pada gawai untuk mengganti olinya. Mudah bukan?

5. Cuci motor rutin
Biasa karena musim hujan jalanan menjadi becek dan faktor utama kendaraan menjadi kotor, nah sering kali anda melihat motor teman atau saudara kita sudah tau kalau motornya kotor tapi tetap saja di pakai dan tidak di bersihkan selama beberapa minggu atauu bulan. Padahal kalau anda tau hal ini bisa mengakibatkan motor kita menjadi rusak. Nah saran admin agar motor tetap awet dan terjaga serta bersih lakukan pembersihan motor secara rutin.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membaca, dan terima kasih mengunjungi blog “Dokter Mekanik”. Ingin tau banyak tentang informasi mekanik? Yuk tengok situs www.doktermekanik.com semua info mekanik hanya ada di Dokter Mekanik.
Terima Kasih.



EmoticonEmoticon