Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Senin, 08 April 2019

cara bayar pajak motor online


 Menjadi masyarakat negara yang baik, pasti harus hukumnya membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Ditambah lagi sekarang semua proses telah sangat dimudahkan dengan hadirnya Samsat online. Nah, Anda ingin tahu bagaimana triknya membayar pajak mobil atau motor tak perlu ke kantor Samsat? Baca langkah membayar pajak motor dengan online.
asilitas yang dikenal juga dengan E-Samsat sekarang bisa di nikmati beberapa kota serta bertempat di Indonesia. Lewat program ini, bukan pembayar pajak saja yang diuntungkan sebab mekanisme yang lebih praktis.

Tetapi butuh diingat, spesial untuk kendaraan bermotor yang tidak tercatat di lokasi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Aceh, untuk sesaat Anda tetap harus lakukan pembayaran langsung ke kantor pajak.

Mengenai dari bagian Samsat yang dapat selalu dengan automatis meng-update data. Tersebut CekAja akan menerangkan lebih detil dari mulai waktu, langkah, kriteria, sampai beberapa langkah membayar pajak motor online berikut ini.
Pajak motor pada intinya ada dua type, yakni pajak yang dibayar tiap-tiap tahun serta pajak yang dibayar lima tahun sekali. Dalam ketentuan yang laku, pajak motor tahunan adalah pajak teratur yang besarnya ialah 1,5% dari harga jual kendaraan. Pajak ini nilainya menyusut setiap tahunnya sebab terdapatnya unsur penyusutan nilai jual kendaraan.

Sedang pajak motor lima tahunan berarti telah waktunya Anda ganti plat nomer kendaraan serta STNK. Tetapi perlu untuk diketahui, PKB online untuk sekarang ini belum ada untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor lima tahunan.

Lalu, kapan harusnya seorang membayar pajak motor yang dipunyai? Pasti sesudah motor dipakai dalam satu tahun, jadi tiap-tiap pemilik harus membayar pajak motor atau perpanjang Surat Sinyal Nomer Kendaraan alias STNK. Bila tidak dikerjakan, beberapa resiko yang menggelisahkan dapat berlangsung. Contohnya motor yang dipunyai tidak dipandang legal atau hukuman tilang polisi.

Oleh karena itu upayakan membayar pajak motor Anda pas pada saatnya. Sebab satu atau dua hari terlambat denda yang dibayarkan sama juga dengan 1 bulan.

Prasyarat Membayar Pajak Motor Online
Untuk membayar pajak motor dengan online tahunan, ada banyak kriteria yang awal mulanya mesti dipenui terlebih dulu. Di antarnya ialah:

Surat Sinyal Nomer Kendaraan Bermotor (STNK) asli serta foto copy
Kartu Sinyal Masyarakat (KTP) asli yang masih tetap laku. Nama yang tercantum dalam KTP mesti sama juga dengan STNK
Dana sesuai dengan nominal pajak
Sesudah mempersiapkan semua kriteria yang diperlukan, Anda tinggal langsung lakukan pembayaran pajak motor dengan online lewat cara serta beberapa langkah pada sub bab sesudah ini.

Langkah serta Beberapa langkah Membayar Pajak Motor Online
Ada cara-cara yang bisa ditempuh untuk membayar pajak motor online. Tidak hanya lewat E-Samsat barusan, keharusan ini dapat juga dibayarkan melalui ATM serta SMS. Tersebut semasing langkah pembayarannya.

Lewat E-Samsat

Sediakan laptop atau PC, lantas akses portal http://samsat.com
Bayar ke ATM
Taruh struk pembayaran PKB Anda
Lewat ATM

Datangi mesin ATM paling dekat
Pilih menu “Bayar” lantas ke “Menu Lainnya”
Lalu pilih menu “Pajak / Penerimaan Negara”
Pilih menu “e-Samsat”
Lantas masukan Nomer Polisi (Nopol) atau ikuti panduan di ATM
Bayar PKB
Taruh struk pembayaran melalui ATM
Lewat SMS

Kirim SMS dengan format: ESAMSAT
Nantikan SMS balasan dari operator berbentuk kode pembayaran, data kendaraan serta jumlahnya tagihan pajak
Teruskan dengan lakukan pembayaran melalui ATM
Sesudah pembayaran usai, Anda akan memperoleh SMS konfirmasi
Ganti struk dengan SKPD (Surat Ketentuan Pajak Daerah) di kantor pajak paling dekat
Seperti itu langkah serta langkah membayar pajak dengan online. Gampang sekali, kan? Mari pakai sarana yang telah disiapkan lebih gampang ini untuk mengakhiri keharusan pajak Anda dengan teratur. Sebab selanjutnya pajak itu akan dipakai kembali untuk pembangunan.


EmoticonEmoticon