Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Jumat, 19 April 2019

mana yang lebih kencang pada motor Superbike serta motor MotoGP…???

Salam otomotif masbro…ternyata sedikit yang tahu ketidaksamaan pada Superbike serta MotoGP, banyak orang cuma tahu bila MotoGP memakai motor Prototipe serta Superbike memakai motor yang telah di produksi dengan massal, tetapi adakah yang tahu, mana yang lebih kencang pada motor Superbike serta motor MotoGP…??? 


Berdasar pada survey, nyatanya bakat rider Superbike terasa diasingkan dengan rider MotoGP, ini karena di semua dunia pemirsa Superbike tidak sampai sampai 10% dari pemirsa MotoGP 

Motor di MotoGP semua ialah type Prototype yakni type motor yang didesain spesial dari mesin, gearbox, sasis, kontrol elektronik, dengan suspensi, ban serta rem yang prototype untuk arah balapan. Motor ini tidak bisa di jual untuk umum sebab spare part, bahan bakar, ban dan sebagainya tidak ada di market serta kecepatannya pun begitu tinggi. 

Mesin MotoGP dapat bertahan sampai beberapa waktu dengan mengkonsumsi bahan bakar yang seirit mungkin tetapi masih dapat lari sekencang mungkin. Tidaklah heran sebelum ketentuan penetapan mesin laku di MotoGP, satu team MotoGP dapat “merusak” beberapa puluh set mesin dalam tempo setahun. 

Arena World Superbike (SBK) dapat disebut menjadi arena hiburan buat beberapa penggemar balap motor, motor yang dipakai beberapa peserta Superbike ialah motor produksi massal yang kebanyakan orang dapat beli di dealer, mereka memodifikasi disana-sini untuk mengoptimalkan kekuatan motor itu untuk dipakai di ajang balap. Secara singkat, motor Superbike begitu jauh beda dengan MotoGP sebab mereka memakai motor sport standar harian yang diubah. 

Beberapa rider MotoGP seringkali menanggung derita mengenai grip ban di mana terkait dengan temperatur hawa serta aspal yang miliki fungsi besar dalam memastikan catatan waktu terunggul rider, ditambah lagi ciri-ciri aspal semasing circuit termasuk unik sebab bila temperatur naik (panas), diyakinkan akan alami penurunan grip pada roda, tulah mengapa waktu eksperimen musim dingin akan mempunyai catatan waktu yang impresif. 



Rekor lap time WSBK ialah 1:41.135s punya Jonathan Rea pada musim 2015. Rekor lap time dari MotoGP berada di angka 1:38.735s oleh Lorenzo di tahun yang sama juga dengan punya Rea, yang jadikan motor WSBK berdasar pada Jerez 2015 mempunyai beda waktu 2.4 detik lebih lamban dari MotoGP. Pada catatan waktu balapan MotoGP paling cepat Jerez 2015 serta WSBK waktu balap tahun 2016; rider pemenang MotoGP race pace paling rendah berada di 1:39s sampai seputar 1:40s. Berbanding race pace pemenang WSBK; di angka 1:41s sampai seputar 1:42s. Berarti ada beda waktu seputar 2 detik pada kedua-duanya untuk setiap lap. 

Maka bila ingin memperbandingkan kencang manakah pada motor SBK serta MotoGP, harusnya beberapa rider elit masing2 diadu di situasi cuaca, ban serta trek yang sama serta mungkin dengan lap yang juga sama, tetapi itu kan tidak mungkin berlangsung masbro, tentunya mesin MotoGP semakin besar membutuhkan situasi ban yang berlainan dengan SBK, tetapi yang pasti…kembali lagi…ke data ini. 

Tenaga kuda yang di hasilkan oleh motor MotoGP semakin besar dari motor Superbike di mana motor MotoGP mempunyai 260 HP sedang Superbike cuma mempunyai 230 HP, motor MotoGP dipersenjatai dengan rem karbon, sedang Superbike cukup dengan rem baja, sebetulnya dari sini saja telah jelas tampak kalau Motor MotoGP lebih baik dari sisi top speednya yang pasti lebih kencang.


EmoticonEmoticon