Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Kamis, 18 April 2019

motor crf 250 trabas semua medan di indonesia




Tampang CRF 250 Rally yang tinggi besar, awalannya membuat tester beberapa offroader yang memiliki tinggi 173 cm cukup sangsi saat menaikinya. Ditambah lagi berat motor yang diklaim seberat 155 kg itu membuat IDB memikirkan kegitu beratnya motor ini.

Tetapi kesan-kesan berat itu hilang saat offroader mulai buka gas. Motor meluncur dengan halus serta mulus. Saat offroader coba manuver dengan meliuk-liukan motor serta menikung sekalian miring, motor nurut, tanpa tanda-tanda ingin jatuh.

Nyatanya CRF 250 Rally ini saat dikendarai kesan-kesan beratnya jadi hilang gan, motor berasa mudah. Bahkan juga perasaan offroader saat meluncur, CRF 250 Rally berasa lebih mudah dibanding Kawasaki KLX 250. Walau sebenarnya dengan teori, berat KLX 250 itu lebih mudah 19 kg dibanding CRF 250 Rally.


Sebab nyatanya motor tidak berasa berat saat dikendarai, offroader makin berani membetot gas. Tarikan motor ini berasa halus tapi kencang sekalian di jalanan. Walau motor masih tetap baru, offroader coba membuka gas lebih dalam serta di gigi 4 dapat tembus 110 km/jam. Masuk gigi 5, dapat meraih angka 115 km/jam dengan gampang. Walau sebenarnya CRF 250 rally diperlengkapi dengan gigi 6 percepatan, jadi kebayang khan motor berdarah adventure ini nyatanya dapat kencang.

Janganlah pikirkan tenaga CRF 250 Rally ini meledak-ledak seperti motor trail enduro atau cros. Ciri-ciri mesinnya smooth. Untuk tenaga bawahnya, offroader terasa KLX 250 itu lebih bertenaga. Tapi tenaga tengah serta atas (top speed) itu CRF 250 Rally lebih baik dibanding KLX 250.

Jok CRF 250 Rally lebih lebar dibanding KLX 250, jadi berasa bertambah nyaman untuk riding jarak jauh. Saat offroader coba berboncenganpun yang dibonceng terasa bertambah nyaman dibanding saat dibonceng dengan KLX 250.

Kopling serta bidang pengereman kerja lumayan bagus. Tarikan tuas kopling tidak berasa berat. Rem depan serta belakang yang telah menggunakan disc brake bisa disebut cukup menahan laju motor, walau tidak dapat disebut spesial.

Perform Suspensi

Suspensi CRF 250 Rally termasuk spesial, berasa empuk untuk menyalip jalan keriting. Suspensinya lebih empuk dibanding KLX 250 atau Yamaha WR250R. Saat dihajar melalui jalan macadam berbatu, suspensi CRF 250 Rally dapat menahannya dengan baik.
amun suspensi yang empuk ini jadi kurang nyaman bila digunakan di jalan offroad dengan kecepatan tinggi. Motor akan berasa oleng bila dibikin menikung dengan kecepatan tinggi.

Honda CRF 250 Rally memang tidak didesain untuk hard offroad, tapi untuk touring adventure. Tapi digunakan untuk light offroad pun masih tetap berasa nyaman.

“Suspensi CRF 250 Rally ini betul-betul nyaman ciri khas Honda, jadinya pingin riding selalu,” kata Gendut, mekanik istimewa trail saat coba motor ini.

Rangka serta suspensi CRF 250 Rally yang cocok membuat handling motor jadi enak. Motor nurut untuk dibikin menikung, rebah serta dibetot di jalanan semi offroad.

Upgrade CRF 250 Rally Supaya Lebih Gahar

IDB terasa CRF 250 Rally standard pabrikan itu gigi percepatannya begitu panjang-panjang, kurang kuat tarikannya. Di jalan pegunungan yang meliuk-liuk serta pendek, membuat hampir tidak mungkin dapat membetot motor sampai gigi 6.

Dengan gir standard untuk menyalip jalan semi offroad yang naik serta sempit itu semakin banyak gunakan gigi 1 serta 2. Jadi motor berasa kurang bertenaga.
IDB juga ganti gir belakang standard yang memiliki ukuran 40 T dengan gir semakin besar ukuran 45 T. Gir alternatif menggunakan merk Daytona. Sebab gir diperbesar ukurannya, automatis rantai pun butuh ditukar dengan ukuran yang lebih panjang. offroader pilih rantai merk TK Japan, sebab tidak hanya harga nya tambah murah dibanding merk RK atau Renthal, tapi kekuatannya juga teruji.

Tidak hanya ganti gird serta rantai, offroader pun melepaskan knalpot standard CRF 250 Rally serta menggantinya dengan merk FMF yang tidak disangsikan mutunya di dunia offroad. offroader pilih FMF type Q4 sebab suaranya tidaklah terlalu menggelegar, tapi performany offroader mantap.

Walau CRF 250 Rally telah diperlengkapi dengan handguard dari pabrik, offroader tidak percaya diri dengan handguard mode terbuka yang terbuat dari plastik itu. offroader menggantinya denga handguard Fastway yang populer kuat di dunia offroad.
Bagaimana perform motor sesudah diperbarui? Wow beda sekali, motor lebih bertenaga serta tarikannya lebih nendang. Di tanjakan panjang ke arah Gunung Kawi, offroader dapat membetot gas CRF 250 Rally dengan kecepatan rata-rata 110 km/jam. Tenaganya ngisi selalu, tanpa tanda-tanda ngedrop.

Yang menarik, saat CRF 250 Rally ini ditukar dengan knalpot racing FMF itu tidak ada tanda-tanda nada nembak saat gas motor ditutup. Beda dengan KLX 250 yang tetap ada tanda-tanda nada knalpot yang nembak bila knalpotnya ditukar dengan type racing.

Pemilik motor Honda CRF 250 Rally di tanah air akan selekasnya miliki wadah dengan gagasan deklarasi CRR Rally Indonesia pada tanggal 17 November 2018 di Pangandaran, Jawa Barat. Deklarasi ini akan dikerjakan dalam acara tahunan Honda Bikers Day (HBD).

Semenjak AHM meluncurkan motor petualangnya CRF 250 Rally pada tahun 2017, beberapa penggila petualang motor menyambutnya dengan baik. Beberapa pemilik motor pelacak kemampuan mesin 250 cc ini lalu membuat komune pemilik CRF rally, diantaranya di Jawa Timur, Jawa Barat serta Jawa Tengah.

“Munculnya komunitas-komunitas pemilik CRF rally di beberapa daerah ini butuh ditampung dalam satu wadah nasional hingga dapat lebih terkoordinir untuk lakukan beberapa hal yang lebih posiif serta menjadi arena sama-sama share,” kata Farkhan, satu diantara pencetus CRF Rally Indonesia.

Pemilih CRF 250 Rally terutamanya yang berada di Jakarta, Jawa Barat serta Banten harus deh untuk hadr dalam deklarasi ini, menjadi sisi dari riwayat terbentuknya komune CRF Rally Indonesia.


EmoticonEmoticon