Informasi Terkini Seputar Tips dan trik Motor Idaman Anda.

Senin, 08 April 2019

sejarah motor





Sepeda motor sekarang mungkin jadi satu diantara alat trasportasi yang sangat disukai di dunia terutamanya di Indonesia. Coba kalian lihat di jalan raya, sangat banyak sepeda motor yang melintas atau yang tengah antre waktu lampu merah tengah menyala.
Tahukah kalian darimana aslinya sepeda motor, siapapun juga saja yang bertindak dalam perubahan sepeda motor serta bagaimana sejarahnya sampai sepeda motor masuk ke Indonesia?

Ada tiga orang yang disadari menjadi penemu sepeda motor yakni, Ernest Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), serta Gottlieb Daimler (Jerman). Sepeda motor pertama-tama didesain pada tahun 1868 oleh Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada saat itu,tenaga penggerak yang direncanakannya ialah mesin uap tetapi project ini gagal. Lalu pada tahun 1885 Edward Butler coba menyempurnakannya dengan membuat kendaraan lainnya yang menggunakan tiga roda serta digerakan dengan memakai motor dari type mesin pembakaran dalam.

Pada tahun 1885 seseorang pakar mesin Jerman Gottlieb Daimler serta mitranya, Wilhelm Maybach jadi perakit motor pertama-tama di dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah memiliki ukuran kecil pada suatu sepeda kayu. Mesin ditempatkan di dalam (diantara roda depan serta belakang) serta dikaitkan dengan rantai ke roda belakang. Lalu sepeda kayu bermesin itu dinamakan Reitwagen (riding car).

Pada saat itu type kendaraan ini belum diketahui penduduk banyak. Sampai pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat mengenalkan sepeda motor mode baru. Serta disusul oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang di jual untuk umum dibikin oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfm├╝ller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Pada tahun 1895 sepeda motor pertama-tama masuk ke Amerika Serikat, persisnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seseorang penemu Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang dibuat sendiri. Selanjutnya Pennington dipandang seperti orang pertama yang mengenalkan arti motorcycle (sepeda motor).

Pada tahun yang sama, Triumph, satu perusahaan pembuat sepeda di Inggris akan memutuskan untuk bikin sepeda motor. Empat tahun selanjutnya, 1902, perusahaan itu menghasilkan sepeda motornya yang pertama tetapi masih tetap memakai mesin dari Belgia. Lalu pada tahun 1905, Triumph menghasilkan sepeda motor dengan utuh sendiri.

Tahun 1903, William S Harley serta sahabatnya, Arthur Davidson, menghasilkan sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, serta menyebut sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat lainnya, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berada di Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.

Lalu sampai Perang Dunia I (1914-1918), perusahaan ini jadi pabrik sepeda motor dengan produksi yang paling besar di dunia. Indian Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 serta merk Indian diambil alih oleh Royal Enfield.

Sesudah Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang menghasilkan sepeda motor paling besar di dunia ialah Harley Davidson. Pada tahun 1921, sepeda motor BMW ada dengan roda belakang yang digerakkan memakai koppel (shaft drive). Pada tahun 1930-an ada seputar 80 merk sepeda motor di Inggris, salah satunya Norton, Triumph, AJS, serta merek-merek yang lain yang tidak demikian populer, seperti New Gerrard, NUT, SOS, Chell, serta Whitwood.

Perubahan sepeda motor di Eropa, pula dipacu oleh Perang Dunia II (1939-1945), dimana sepeda motor dibikin untuk kepentingan militer. Selesai Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, mengenalkan skuter Vespa serta langsung mengundang perhatian dunia.

Pada tahun 1949, Honda menghasilkan sepeda motor dengan mesin dua langkah. Tetapi, nada mesin dua langkah yang berisik serta asap yang bau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda meningkatkan mesin empat langkah.

Tahun 1951, BSA Grup (Inggris) beli Triumph Motorcycles serta jadi produsen sepeda motor paling besar di dunia. Lalu posisi BSA diambil alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Tetapi, semenjak tahun 1970-an sampai sekarang, Honda terdaftar menjadi produsen sepeda motor paling besar di dunia.

Tahun 1952, Honda menghasilkan sepeda motor bebek yang diketahui dengan nama cub. Kepopuleran sepeda motor type bebek ini membuat perusahaan sepeda motor asal Jepang yang lain seperti Kawasaki, Yamaha, serta Suzuki mengikuti mode sepeda motor type bebek ini

Riwayat Honda di Indonesia, dengan sah dengan diawali motor S 90Z yang dengan sah launching PT Federal Motor pada 1971 melalui sarana CKD. Di tahun pertama itu, beritanya cuma terjual 1.500 unit. Walau, setelah itu selalu naik serta di produksi selama masa 70-an. Sebabnya, sebab motor ini di terima di penduduk. S 90Z, dibikin untuk bermacam keperluan harian. Menariknya, sport yang mempunyai design mesin tidur tetapi motor sport ini di jual di harga dibawah Honda CB 100. Dengan fisik dikenali dengan mode huruf T dari pelat besi. Lantas, tangki mode oval, pelek 18 inci depan-belakang serta mesin silinder tunggal horizontal SOHC memiliki 89,6 cc. S 90Z, miliki transmisi manual 4 percepatan. Mengkonsumsi bahan bakar yang hemat di jamannya, membuat banyak bapak-bapak beli motor ini untuk bermacam kegiatan. Misalnya, buat ke kantor. Uniknya, sebab ini ialah motor produksi pertama PT Federal Motor yang disebut anak perusahaan PT Astra International, jadi di sejumlah daerah S 90Z umum dimaksud juga Honda Astra 90.

Walau baru dirakit dengan lokal di 1971, tapi untuk unit yang di-import utuh (CBU) dari Jepang masa 60-an, masih tetap dapat dicari keberadaannya di sejumlah kolektor. Seperti koleksi punya Classic Honda di Jalan Tongkol, Rawamangun, Jakarta Timur yang mempunyai bermacam S 90Z dari beberapa tahun. Untuk generasi S 90Z dibawah tahun 1970 (dari tahun 1964 sampai 1969), dapat dikenali dari beberapa detil. Contohnya, sepatbor yang dicat perak untuk seri awal serta krom untuk generasi sesudah 1968. Cat mode candy tone mulai dikenalkan di 1968. Dibandingkan S 90Z vs 1970 ke atas, jadi S 90Z masa 60-an miliki tangki lebih kecil, berlapis panel krom serta karet pemanis. Lampu depannya, menyatu dengan rumah spidometer serta lampu belakang mode oval.

Untuk S 90Z generasi 70-an, miliki tangki semakin besar serta membulat dengan panel krom tanpa ada karet. Bagian-bagian, mengambil elemen Honda CB 100. Seperti sok depan, lampu depan, spidometer sampai sein depan-belakang. Untuk mesin S 90Z, sempat juga dibikin jadi vs bebek dengan sasis C 70 yang dinamakan C 90K1 yang dibikin pada 1972. Walau, kapasitasnya sama 90 cc tapi menggunakan transmisi semi automatis 3 percepatan. Sempat juga PT Federal Motor membuat mode sama S 90Z. Masih menggunakan mesin horisontal, tapi dengan kepala silinder Over Head Valve (OHV) atau push rod menjadi penggerak klep dengan nama Honda S 110K7. Pacuan ini, popular dimaksud Honda Benly. Sebab perawatan yang lebih repot serta nada mesin kalah halus dibandingkan S 90Z, jadi Benly kurang peminat. Di masa 80-an, ide motor pekerja dilanjutkan oleh seri Honda Win 100 yang pertama launching pada 1984. Ide pacuannya juga sama. Mesin horisontal ciri khas bebek dengan kopling manual, dikombinasi sasis simpel. Type ini, semenjak mode S 90Z di 70-an yang pada akhirnya dilanjutkan oleh Honda Win 100. Basis mesinnya sama juga dengan seri C 100, dibikin sampai mendekati tahun 2000.


EmoticonEmoticon